Materi
- Petugas/Staff harus 3S (Senyum, Sapa, Salam) ke pasien/keluarga pasien, pengunjung dokter, dan seluruh petugas/staff RS Balimed.
- Bila ada pasien / keluarga pasien yang datang staff wajib :
- Berdiri
- Mengucapkan salam dengan sopan :
- Bahasa Indonesia : “Bapak/Ibu selamat pagi / siang / sore / malam, ada yang bisa kami bantu ?”
- Bahasa Inggris : “Good morning / noon / afternoon / evening Sir/Mam, may I help you ?”
- Bila pasien mau daftar, tanyakan pasien mau daftar kemana
- IGD : arahkan ke mesin SITARI dan memilih menu IGD untuk mendapatkan nomor antrian.
- Poli Umum : arahkan ke mesin SITARI dan memilih menu Poliklinik Umum untuk mendapatkan nomor antrian
- Poli Spesialis : untuk periksa ataupun kontrol rutin arahkan untuk menuju lantai 2 (Poliklinik)
- Pasien membawa pengantar/rujukan : cek apakah pasien ada rencana tindakan, bila ada arahkan ke mesin SITARI dan memilih menu Rawat Inap untuk ambil antrian. Bila tidak ada rencana tindakan dan merupakan pengantar ke Poliklinik, arahkan untuk menuju lantai 2 (Poliklinik)
- Saat sedang melayani customer dan telepon berdering
- Pada dering pertama : Ucapkan “Maaf Bapak/Ibu, silahkan dibaca form ini sebentar / mohon menunggu sebentar, ada telpon yang harus saya angkat.”
- Angkat telepon sebelum telepon berdering lebih dari 3 kali
- Selesaikan pembicaraan di telepon sesegera mungkin dengan cara mencatat hal berikut dan berjanji akan menelpon kembali :
- Nama Penelepon
- Asal Penelepon (Unit/Pasien)
- Keperluan
- No telepon yg dapat dihubungi kembali
- Jika melihat ada teman yang belum melayani customer, operkan catatan telepon tersebut untuk dapat di tindak lanjuti
- Setelah selesai melakukan percakapan di telepon dan mengoperkan ke teman, segera kembali ke customer tadi dan Ucapkan “Terima kasih telah bersedia menunggu”
- Jika tidak ada teman yang dapat dioperkan catatan telepon tadi, segera telepon kembali sebelum memanggil/melayani customer selanjutnya
Catatan Waktu Salam
Selamat Pagi / Good Morning : antara 00.00 – 11.30
Selamat Siang / Good Noon : antara 11.30 – 14.00
Selamat Sore / Good Afternoon : antara 14.00– 18.00
Selamat Malam / Good Evening : antara 18.00 – 24.00
Apakah ada perbedaan antara Good Night dengan Good Evening ?
Secara arti memang sama yaitu Selamat Malam, namun maksud dari salam tersebut yang berbeda.
Good evening diucapkan jika berjumpa/menyambut dengan seseorang di waktu malam hari, sedangkan good night diucapkan jika hendak berpamitan/berpisah tidak akan bertemu kembali di waktu malam hari, dan mengenai tenggang waktunya tak ditentukan secara pasti (bebas, asal malam hari)
Tes Pemahaman Materi
Untuk menguji pemahaman Anda, silahkan mengisi tes pemahaman materi berikut.
Tujuan dari tes berikut bukan untuk mencari nilai tetapi lebih mengarah ke pemahaman akan materi, jadi cobalah menjawab berdasarkan pemahaman Anda sendiri.
Anda dapat berulang kali mengerjakan tes ini tanpa perlu merasa takut atau ragu
Nama Karyawan Peserta Tes
Berikut ini adalah nama karyawan yang telah melakukan tes pemahaman materi
Greeting yang seragam
Greeting yang harus seragam
Salam senyum sapa yang ramah
Mengucapkan salam dengan sopan
Ucapkan terima kasih telah sabar menunggu